News

Permudah Pelayanan Publik KPU Luncurkan Siapem –

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang meluncurkan aplikasi sistem informasi administrasi pemilihan umum (Siapem) di Kantor KPU Kota Serang, Ciceri, Kota Serang, Rabu (7/4).

Aplikasi Siapem itu ditujukan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat Kota Serang. Serta aplikasi tersebut dapat meminimalisir terjadinya daftar pemilih ganda.

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran mengatakan aplikasi Siapem nantinay dapat mencakup keseluruhan pelayanan KPU Kota Serang dimulai dari cek records pemilih, pemohonan pemilih baru serta pelayanan yang lainnya.

Kata dia, dalam aplikasi Siapem masyarakat Kota Serang dapat mengecek standing pemilih. Dalam hal ini masyarakat dapat memastikan sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih.

“Pemilih tinggal mengecek aplikasi Siapem apakah dia sudah terdaftar atau belum,” ujarnya kepada wartawan usai laucing Aplikasi Siapem di Kantor KPU Kota Serang, Rabu (7/4).

Kata dia, aplikasi Siapem dapat diunduh melalui playstore dengan cara mengetikan Siapem-KPU Kota Serang pada pencarian Playstore. Lanjutnya, dalam aplikasi Siapem terdapat Sembilan menu yang dapat diakses oleh masyarakat.

Adapun beberapa menu yang dimaksudnya yakni Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dan Pemilu serata Hoax.

Selain itu, dalam aplikasi tersebut masyarakat Kota Serang yang belum terdaftar sebagai pemilih dapat melakukan pendaftaran secara on-line dengan cara menyiapkan data-data yang dibutuhkan, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan dokumen lain yang diperlukan.

Kata dia, Aplikasi itu juga dapat memastikan pendaftar tersebut sudah memenuhi syarat apa belum. Dimulai dari syarat usia minimum 17 tahun, pensiunan TNI atau pensiunan Polisi yang nantinya dapat diketahui apakan pendaftar sebut sudah memenuhi syarat atau belum memenuhi syarat sebagai pemilih.

Lanjutnya, persyaratan-persyaratan tersebut merupakan cara KPU Kota Serang untuk meminimalisir terjadinya perselisihan records pemilih pada pemilu tahun 2024 nanti.

“Masyarakat tidak menyalahkan KPU. Makanya dari sekarang sudah harus mengecek semua records,” katanya.

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudi mengatakan pihaknya menyambut baik serta mengapresiasi KPU Kota Serang karena telah meluncurkan aplikasi Siapem.

Menurut orang nomor satu di Kota Serang, aplikasi Siapem merupakan inovasi yang bagus dan keren. Hal itu membuktikan bahwa KPU Kota Serang terus memperbaiki pelayan terhadap masyarakat Kota Serang.

“Masyarakat semaikin dipermudah kalua ingin mendapatkan pelayanan KPU,” ujarnya.

Kata dia, dengan adanya aplikasi Siapem ini, masyarakat yang menjadi pemohon pemilih baru dan perubahan records serta berbagai pelayanan lainnya.

Selain itu, menurutnya dengan adanya aplikasi Siapem ini nantinya dapat mengurangi kontak fisik antar masyarakat Kota Serang mengingat saat ini masa pandemi Covid-19.

“Tinggal nanti bagaimana mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat tahu dan mampu menggunakan aplikasi ini dengan baik,” katanya.

Menurutnya aplikasi itu merupakan peluang bagi masyarakat Kota Serang terutama bagi Partai Politik (Parpol) untuk berpartisifasi aktif dalam pengecekan records ataupun mendaftarkan records pemilih yang sudah memenuhi syarat. (Fikram)



https://banteninsight.co.identity/permudah-pelayanan-publik-kpu-luncurkan-siapem/

Related Articles

Back to top button