News

Warga Sepang Diharapkan Siap Hadapi Pembangunan –

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Ketua Paguyuban Warga Sepang (Puwas) Muktar Efendi mengharapkan warga Kelurahan Sepang siap menghadapi tantangan dan banyaknya pembangunan di Kelurahan Sepang.

Kata dia, Hal itu dikarenakan secara Sporadis (keadaan penyebaran tumbuhan atau penyakit di suatu daerah yang tidak merata dan hanya dijumpai di sana sini) banyak terkait dengan pembangunan.

“Kita ingin dari paguyuban ini, masyarakat Sepang betul-betul siap menghadapi kamjuan dan kemajemukan warga dan tentunya, sebagaimana kita ketahui secara Sporadis banyak sekali terkait dengan pembangunan,” ujarnya kepada wartawan usai melakukan pelantikan anggota Puwas di Kelurahan Sepang, Minggu (4/4).

Lanjutnya, keberadaan Puwas mengacu kepada tiga visi world yakni maju, berdaya dan Bahagia. Kata dia, masyarakat Sepang harus senan tiasa maju dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu salah satu yang dapat memicu kemajuan SDM adalah dengan adanya pembinaan dan juga pengembangan dari skil keterampilan serta pendidikan.

“Maka di Kelurahan Sepang kami berharap seluruh Lembaga pendidikan casual, non formal dan formal. Betul-betul harus terdepan dari sisi menciptakan dan melahirkan generasi unggul,” katanya

Lanjutnya, warga Sepang juga harus berdaya dari sisi ekonomi. Masyarakat Sepang harus memiliki keterampilan, kemampuan dan juga membuat ability tersendiri agar dapat mengembangkan jiwa Entrepreneur (seorang pengusaha atau orang yang melakukan kegiatan wirausaha).

“Agar betul-betul masyarakat Sepang ini berdaya tidak ada lagi masyarakat Sepang ini dalam tanda kutip masih menunggu bantuan dan lain sebagainya. Akan tetapi bagaimana kita berubah polonya mencoba memberikan bantuan dan perhatian,” ujarnya.

Lanjutnya, warga Sepang juga harus Bahagia. Oleh karena itu harus memiliki semangat kekeluargaan antar warga Sepang baik yang tinggal di Perkampungan dan yang tinggal di Perumahan.

“Harus senantiasa bahu membahu berpartisipasi dalam pembangunan mewujudkan persatuan dan senantiasa memiliki kemandirian dari sisi ekonomi untuk masyarakat sepang lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Asisten Daerah (Asda) II Kota Serang Yudi Suryadi mengatakan ia sebagai bagian dari Pemerintah Kota (Pemkot) Serang memberikan apresiasi dengan keberadaan Puwas.

“Mudah-mudahan ini terus bisa berlanjut bukan hanya sekedar dibentuk tetapi tidak ada aktivitas kegiatan. Mudah-mudahan Puwas ini bisa terus bereksis dalam rangka bersinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka membangun Kota Serang,” katanya.

Kata dia, Pemkot Serang akan memberikan bantuan melalui dana hibah kepada Puwas akan tetapi bantuan tersebut setelah Puwas memiliki badan hukum dan terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol) Kota Serang setelah tiga tahun berjalan.

Selain itu, ia juga mengatakan banyaknya aspirasi dari masyarakat Kota Serang yang tidak berbanding dengan anggaran yang dimiiki oleh Pemkot Serang.

“Usulannya terlalu banyak terhadap Pemerintah Daerah dengan kemampuan anggaran Kota Serang yang sangat terbatas sehingga nanti ada skala prioritas dalam rangka menentukan pembangunan apa yang akan dilaksanakan di Kota Serang,” ujarnya.

Oleh karena itu ia berharap dengan adanya Puwas ini nantinya semua usulan atau hasil dari Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kelurahan dan Kecatamatan dapat dilaksankan oleh Puwas dari hasil swadaya. Kata dia, misalkan permasalahan jalan becek, persoalan sampah dapat dilakukan oleh Puwas.

“Tidak harus mengajukan permohonan surat (pengajuan pembangunan ke Pemkot Serang),” katanya.

Ia juga mengatakan untuk saat ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Serang saat ini mencapai Rp1,4 Triliun dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp185 Miliar.

“Mungkinn dengan kondisi Covid-19 ini ada penurunan penganggaran pendapatan,” katanya. (Fikram)



https://banteninsight.co.identification/warga-sepang-diharapkan-siap-hadapi-pembangunan/

Related Articles

Back to top button