News

Tunggu Keputusan Arab Saudi, Kemenag Serang Persiapkan Jamaah Haji –

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serang masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi untuk memberikan izin keberangkatan jamaah haji common asal Kabupaten Serang.

Meskipun jadwal keberangkatan jamaah haji belum ada kepastian Kemanag Kabupaten Serang saat ini sedang mempersiapkan kelengkapan dokumen-dokumen jamaah haji asal Kabupaten Serang.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Serang Samhudi mengatakan untuk saat ini pihaknya sedang mempersiapkan dokumen kelengkapan jamaah haji asal Kabupaten Serang seperti Pasport, bukti pelunasan dari financial institution Syariah dan vaksin mengnitis yang saat ini sedang dihimpun untuk dibawa Ke Kantor Wilayah (Kawil) Kemenag Provinsi Banten.

“Untuk dipersiapkan jika pemerintah Arab Saudi memberikan kouta haji kepada pemerintah Indonesia,” katanya saat ditemui diruang kerjanya Kemenag Kabupaten Serang, Kamis (25/3).

“Jadi sekarang sedang menunggu. Ketika kouta complete, kami sudah siap. Ketika kouta terbatas juga kita sudah sangat siap,” ujarnya.

Lanjutnya, Kemenag Kabupaten Serang tetap menerima pendaftaran jamaah haji. Hanya saja untuk kebrangkatan sejak 2020 belum ada yang berangkat. Tetapi untuk tahun 2021 pihaknya sedang menunggu keputusan dari pemerintah Arab Saudi.

Kata dia, untuk saat ini jamaah haji lansia diatas 60 tahun sedang menjalani vaksinasi Covid-19 di wilayah Puskesmas setempat. Lanjutnya, vaksinasi tersebut berlangsung sejak 22 hingga 31 Maret harus selesai.

“Itu juga dalam rangka persiapan saja, bukan berarti yang sudah vaksin itu bisa berangkat,” tuturnya.

Lanjutnya, vaksinasi tersebut diwajibkan bagi jamaah haji lansia. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jamaah haji berusia dibawah 60 tahun akan mendapat vaksinasi jika vaksinnya sudah tersedia.

“Karena itu tuntutan dari pemerintah Arab Saudi,” katanya.

Ia juga mengatakan tahun 2021 Kemenag Kabupaten Serang seharusnya memberangkatkan 990 orang jamaah haji berdasarkan kouta dari pemprov Banten Ketika kondisi commonplace. Sementara untuk kondisi pandemi seperti saat ini pihaknya belum mengetahui jumlah kouta yang akan diberikan untuk jamaah haji Kabupaten Serang.

“Setiap tahunnya kita tidak kurang dari angka 900. Karena itu dilihat dari jumlah penduduk umat islam,” katanya.

Lanjutnya, untuk setiap wilayah kouta yang diberikan berbeda-beda, perhitunganya berdasarkan persentase jumlah penduduk yang beragama islam. Kata dia, jumlahnya sebanyak satu persen dari jumlah penduduk yang beragama islam. (Fikram)



https://banteninsight.co.identity/tunggu-keputusan-arab-saudi-kemenag-serang-persiapkan-jamaah-haji/

Related Articles

Back to top button