News

Bupati Serang Khawatir Kasus Stunting 2021 Mengalami Peningkatan –

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan kasus stunting yang terjadi di Kabupaten Serang tahun 2019-2020 masih tinggi bahkan diatas kasus stunting nasional.

Kata dia, tahun 2021 kasus stunting Kabupaten Serang sudah mengalami penurunan. Kendati demkian ia masih mengkhawatirkan kasus stunting di Kabupaten Serang mengalami kenaikan lagi.

“Februari 2020 – Februari 2021 sudah turun tetapi masih Panjang ini khawatirnya kita ada kenaikan lagi,” katanya kepada wartawan di Pendopo Kabupaten Serang, Selasa (23/3).

Lanjutnya, program penanganan stunting baru digemborkan menjadi program nasional oleh karena itu penanganan stunting menjadi skala prioritas nasional.

“Kebawa ke Kabupaten/Kota menjadi skala program nasional,” ujarnya.

Tatu juga mengungkapkan empat penyebab stunting dan penanggulangannya. Pertama dari sisi kesehatan pihaknya melakukan penanganan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang yang sudah memiliki tugas dan peran masing-masing dalam penanganan kasus stunting.

“Dinas Kesehatan itu udah punya tugas masing-masing sampai kebidang desa sampai kependamping ke Puskesmas,” ujarnya.

Kedua dari sisi sarana dan prasarana (Sarpras) air bersih di Kabupaten Serang masih rendah. Dalam hal ini ia mengatakan penanganan tersebut merupakan tugas Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim).

Lanjutnya, dari sisi ekonomi juga menjadi penyebab stunting. Hal itu dikarenakan pendapatan masyarakat yang masih rendah. Dalam hal itu Tatu mengungkapkan pihaknya melakukan penanggulangannya melalui dinas terkait.

Dalam hal ini jika bantuan yang diperlukan dalam bentuk pangan maka Bantuan Sosial. Maka Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang harus turun langsung melihat kondisi dilapangan.

Kendati demikian ada juga masyarakat yang dalam kondisi ekonomi cukup akan tetapi prilakunya salah.

“Tetapi dari prilakunya salah ayahnya lebih mementingkat buat membeli rokok dari pada beli telor buat anak balitanya,” ujarnya.



https://banteninsight.co.identification/bupati-serang-khawatir-kasus-stunting-2021-mengalami-peningkatan/

Related Articles

Back to top button