News

BPS Catat Inflasi Banten Bulan Januari 2021 Sebesar 0,34 Persen

Foto: Yohana/ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten mencatat di 3 kota (Cilegon, Kota Serang, Tangerang) pada Januari 2021 terjadi inflasi sebesar 0,34 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 105,60 pada Desember 2020 menjadi 105,97 pada Januari 2021.

Kepala BPS Banten Adhi Wiriana mengatakan, ada 416 jenis barang dan jasa serta hasil Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2018 3 kota tersebut baik secara mingguan, dua mingguan maupun bulanan, diketahui pada bulan Januari 2021 ini sebanyak 212 komoditas mengalami perubahan harga.

“Rincian lengkapnya adalah 144 komoditas mengalami kenaikan harga dan sisanya sebanyak 68 komoditas mengalami penurunan harga,” kata Adhi dalam siaran youtube BPS Banten, Senin (1/1).

Lebih rinci lagi Adhi menjelaskan komoditas yang mengalami kenaikan harga dibulan Januari 2021 antara lain, cabai rawit, kol putih/kubis, tahu mentah, cabai merah, kulit melinjo, ketimun, tempe, tauge/kecambah, buncis, cumi-cumi dan kangkung.

“Sementara komoditas yang mengalami penurunan harga selama bulan Januari 2021, antara lain, tomat, telur ayam ras, pensil warna, daun bawang, bawang merah, ikan kakap merah, buah naga, kayu balokan, daun jendela, dan sawi putih/pecay/pitsai,” ungkap Adhi.

Masih kata Adhi, kelompok pengeluaran yang memberikan andil/sumbangan inflasi diatas atau sama dengan 0,01 persen, yaitu, kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau sebesar 0,29 persen, kelompok Penyedia Makanan dan Minuman/Restoran sebesar 0,02 persen, kelompok Perumahan, Air, Listrik dan Bahan Bakar Lainnya, kelompok Perlengkapan, Peralatan, dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga, dan kelompok Transportasi, masing-masing sebesar 0,01 persen.

“Sementara kelompok Pakaian dan Alas Kaki, kelompok Kesehatan, kelompok Informasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan, kelompok Rekreasi, Olahraga, dan Budaya, kelompok Pendidikan, dan kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya memberikan andil/sumbangan inflasi/deflasi sebesar kurang dari 0,01 persen,” pungkas Adhi. (Raden)


BPS Catat Inflasi Banten Bulan Januari 2021 Sebesar 0,34 Persen

Related Articles

Back to top button