News

Pemkab Pandeglang Harapkan Dukungan Kemenko Maritim Tangulangi Sampah – Banten Perception

PANDEGLANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang mengharapkan bantuan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI) Untuk menangani sampah di Desa Teluk Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin mengatakan pihaknya sudah melakukan pengerukan sampah di Desa Teluk tahun 2018. Kata dia, hasil dari pengerukan tersebut pihaknya mendapati puluhan ton sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Ia juga mengatakan pada saat pengerukan tersebut Bupati Pandeglang Irna Narulita turun langsung bersama jajaran forkopimda. Akan tetapi dalam kurun waktu beberapa bulan sampah di TPA tersebut menumpuk kembali.

“Memang harus terus berkala bukan hanya sekali dibersihkan, serta harus dukungan dari semua pihak dari mulai masyarakat, Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi bahkan Kementerian,” Kata Peri rapat pembahasan rencana aksi penanganan dengan Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI melalui zoom assembly, Kamis (28/1).

Ia berharap dengan adanya rapat bersama Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI berharap renaksi jangka pendek dan panjang dalam penanganan sampai bisa segera dilakukan.

“Kami harap dengan dukungan Kemenko Maritim ini permasalahan sampah ini dapat terselesaikan,” Ujarnya.

Ia juga mengatakan pihaknya sudah memberikan himbauan kepada masyarakat Kabupaten Pandeglang untuk tidak membuang sampah sembarangan. Bahkan pihaknya juga sudah membuat Peraturan Daerah (Perda) no 4 tahun 2008 tentang K3, dan perbup no 84 tahun 2016.

Sementara Asisten Deputi (Asdep)  Bidang Pengelolaan Sampah Dan limbah Kemenko Maritim dan Investadi Rofi Alhanif mengatakan sangat sepakat dengan usulan Sekda Kabupaten Pandeglang. Bahkan ia juga mengatakan jangan sampai mitidasi sampah tersebut tidak dibuang kesungai.

“Masalah sampah ini sifatnya komplek, tidak dapat diselesaikan oleh satu instsitusi saja, dengan semua pihak ikut terlibat, kami yakin ini dapat diselesaikan,” katanya.

Ia juga mengatakan permasalahan sampah dapat terjadi dimana saja dan permasalahan di Desa Teluk merupakan salah satu contoh permasalahan yang diselesaikan secara bersama.

“Sesuai arahan pimpinan, kami harus membantu menyelesaikan masalah ini karena akan berdampak kepada ekosistem, lingkungan dan kepada pariwisata,” Ujarnya.

Acara zoom assembly juga dihadiri oleh Roy Pardede Ditjen sungan Pantai Kemen PUPR, Perwakilan BWSC3 David Marpaung, Asda Ekbang Indah Dinarsiani, Kadis Lingkungan Hidup Tati Swagihati, Kades Teluk Endin Fahrudin. (*/Fikram)



http://banteninsight.co.identification/pemkab-pandeglang-harapkan-dukungan-kemenko-maritim-tangulangi-sampah/

Related Articles

Back to top button